Kamis, 29 Oktober 2020

Hal yang perlu diperhatikan saat melamar pekerjaan melalui Email

 


                Saat kita akan melamar pekerjaan melalui email, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan supaya HRD dapat melakukan seleksi berkas yang sudah kirimkan

1.      Tuliskan subject dengan jelas

    Tulislah subject sesuai dengan lowongan pekerjaan yang ada supaya HRD mengetahui posisi apa yang akan Anda lamar.

2.      Kalimat pembuka dan penutup dalam bagan atau isi Email

    Pada bagan atau isi dalam email, sebaiknya Anda menulis kata pengantar yang berisikan kalimat pembuka. identitas singkat, serta kalimat penutup supaya HRD melihat bahwa Anda memiliki niat untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Gunakan kalimat yang baik dan sopan. Jangan biarkan bagan atau isi dalam email kosong.

3.      Cantumkan identitas pada bagan atau isi Email

    Beberapa orang akan melihat identitas Anda pada bagan atau isi sebelum membuka attachment atau dokumen yang Anda lampirkan. Hal yang akan dilihat salah satunya alamat domisili Anda. Biasanya HRD akan mencari kandidat dengan alamat domisili yang jaraknya dekat dengan perusahaan, terutama ketika kebutuhan pada posisi tersebut diperlukan dalam waktu dekat.

4.      Melampirkan dokumen atau berkas lamaran

    Masih banyak kandidat yang melewatkan hal ini, seringkali kandidat tidak melampirkan dokumen atau berkas lamaran. Sudah pasti kandidat yang tidak melampirkan berkas lamaran tidak bisa mengikuti proses lanjut atau dapat dikatakan gugur karena HRD tidak bisa mengetahui informasi lebih detail mengenai calon kandidat.

5.      Berkas lamaran detail dan lengkap

    Yang dimaksud detail dan lengkap, yaitu Anda melampirkan CV, surat lamaran, ijazah dan transkrip nilai, pengalaman kerja dan paklaring (apabila sudah memiliki pengalaman), pas foto, KTP, SKCK, sertifikat pendukung, dan lain sebagainya. Anda jangan hanya melampirkan 1 lembar CV atau 1 halaman word saja karena bisa saja HRD menjadi kurang tertarik. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor HP yang aktif dan bisa dihubungi.


                Kurang lebih beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda akan mengirim berkas lamaran melalui Email supaya berkas lamaran Anda bisa dilakukan proses lebih lanjut oleh pihak HRD. Semangat dalam mencari pekerjaan rekan-rekan. Jangan menyerah dan selalu berusaha. Jangan takut untuk ditolak, tetap mencoba sampai mendapatkan apa yang kita impikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Persiapan Seleksi Kerja

  1 .       Datang tepat waktu Saat akan mengikuti tes seleksi kerja, Anda diharapkan untuk dapat hadir max. 30 menit sebelum waktu pelaks...